The Positioning


Hambatan marketer dalam mengkomunikasikan produk atau brand  ke target pelanggan adalah sikap mental  pelanggan.  Ada tiga sikap mental yang menghambat daya ingat pelanggan, yang pertama keterbatasan atau manusia hanya dapat mengingat tujuh hal dalam setiap kategori (rule of seven),  kedua sifat menyeleksi sehingga  hanya mau mengingat informasi yang bermanfaat baginya dan yang ketiga sifat merasa tidak aman. Hambatan komunikasi diatas ini diperparah dengan lingkungan kehidupan  yang penuh dengan  informasi atau lingkungan yg hiperkomunikatif  dan banyaknya produk sejenis. Tugas marketer dalam mengkomunikasikan brand/produknya  dapat dipermudah dengan melakukan positioning produk, suatu cara mencari celah dibenak pelanggan agar pelanggan dapat mengingat produk/ brand kita.

Tujuan Pelatihan :

Setelah pelatihan, peserta memahami langkah dasar pemasaran yang terdiri dari Segmentasi – Differensiasi – Targeting – Positioning. Peserta kemudian akan memahami arti positioning dan perannya dalam strategi pemasaran serta mampu membuat positioning untuk produk yang menjadi  tanggung jawabnya

Topik Bahasan :

  1. Langkah dasar pemasaran Segmentasi – Targeting – Diferensiasi – Positioning.
  2. Mengerti  Positioning : Positioning sebagai anak tangga.
  3. Mengapa harus membuat positioning.
  4. Definisi Positioning:
    1. Product Positioning
    2. Market Positioning
    3. Commercial Positioning
  5. Positioning Market Leader :
    1. Memperkuat konsep originalitas
    2. Pendekatan multi brand
    3.  Kekuatan dari produk
  6.  Positioning Market Follower( mencari celah dalam benak konsumen).
  7. Celah ukuran.                 
  8. Celah harga.
  9. Strategy Positioning.             
  10. Menyiapkan Positioning Statement dan Key  Messages.

Metode Pelatihan :

  • Presentasi Power Point, Diskusi dan workshop

Waktu pelatihan:

  • 1 (satu) hari kerja

Peserta :

  • Product Executive, Junior Product  Manager , Product Manager dan Group Product  Manager