Supervisory Management


Supervisor atau Area Manager merupakan manajer terdepan yang mewakili perusahaan menghadapi pasar, pelanggan dan pesaing. Supervisor menentukan kualitas penjualan dari salesman perusahaan. Peran perusahaan dalam pemberian perintah, motivasi, evaluasi, pengendalian dan pengembangan salesman sebagian besar ditangani oleh supervisor. Jika perusahaan memiliki supervisor yang kompeten dan termotivasi, maka perusahaan dapat lebih tenang, tercapainya target penjualan akan lebih dapat dikendalikan. Sayangnya banyak perusahaan yang kurang memperhatikan pelatihan pada Supervisor dan memperlakukan Supervisor sebagai Super Salesman.

Tujuan Pelatihan :

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta memahami tanggung jawab dan tugas-tugas Supervisor, mampu mengelola teritori yang meliputi bagaimana membagi teritori menjadi area – melakukan klasifikasi pelanggan, menyusun daftar pelanggan serta menyiapkan rencana aksi untuk mengembangkan teritorinya. Peserta juga akan mampu  mengelola bisnis yang menjadi tanggung jawabnya. Peserta juga akan mampu mengelola bawahannya, memimpin dan membangun kerjasama tim. Singkatnya, setelah mengikuti workshop ini, peserta mampu menjadi Supervisor atau Area Manager yang efektif dalam mengelola area, bisnis dan bawahannya.

Topik Bahasan :

  1. Membangun kepribadian yang professional
  2. Memahami tanggung jawab dan tugas Supervisor
  3. Business Management :
    1. Memahami prinsip dasar manajemen
    2. Mampu melakukan Analisa SWOT
    3. Menentukan sasaran yang baik
    4. Menyusun Strategi dan Rencana Tindakan
  4. Territory Management :
    1. Memahami bagaimana membagi teritori dengan baik
    1. Melakukan segmentasi dan klasifikasi pelanggan
    1. Melakukan pemetaan (Mapping) pelanggan
    1. Mengelola pelanggan agar meningkatkan produktivitas
  5. People Management :
    1. Memimpin  Individu
    2. Memberikan perintah dan arahan secara efektif
    3. Memotivasi bawahan
    4. Pengembangan bawahan dengan training, coaching &  counseling
    5. Melakukan evaluasi bawahan dan memperbaiki kinerja
    6. Managing Team : Team building
    7. Leadership Skill

Metode Pelatihan :

Presentasi PP, diskusi, workshop

Waktu Pelatihan:

3 (tiga) hari atau 24 jam efektif

Peserta :

Supervisor / Area Manager/ Product Manager dan manager lain yang harus mengelola sumber daya manusia