Selling Skills


Seringkali kita tidak memahami bahwa menjual adalah pekerjaan terbaik dan mulia didunia. Semua barang yang kita  konsumsi dari mulai bangun pagi sampai sebelum tidur, bisa kita nikmati karena ada yang menjual kepada kita. Selain itu, tenaga penjualan adalah ujung tombak terdepan bagi perusahaan, yang mewakili perusahaan bertemu pelanggan untuk menyampaikan produk dan menangani keluhan. Sebagai wakil perusahaan sudah selayaknya memiliki kepribadian, pengetahuan dan ketrampilan yang prima agar dapat menyumbangkan hasil penjualan kepada perusahaan. Prestasi ini hanya dapat diraih apabila tenaga penjualan mendapatkan pelatihan yang memadai. Terlebih lagi dalam menjual produk farmasi, mengingat pembelinya lebih pandai dari penjualnya

Tujuan Pelatihan :

Sesudah mengikuti pelatihan, peserta menghargai profesinya dan bersikap sebagai seorang professional. Peserta akan memahami bahwa proses pembelian dan penjualan seperti pinang dibelah dua,  dan tugasnya adalah membimbing pelanggan melalui proses pembelian secara nyaman untuk membuat keputusan yang saling menguntungkan. Peserta akan mampu membuat Rencana Kunjungan, Rencana Pra Kunjungan, memahami perbedaan fitur dan manfaat produk,  melakukan proses penjualan secara efektif serta menangani keberatan pelanggan serta menutup penjualan untuk menghasilkan penjualan sesuai targetnya.

Peserta juga akan memahami pentingnya melakukan Analisa Pasca Kunjungan segera setelah kunjungan selesai agar kunjungan berikutnya akan lebih efektif

Topik Bahasan :

  1. Bersikap sebagai seorang professional (Panca Sikap Professional)
  2. Menyiapkan Rencana Kunjungan dan Rencana Pra Kunjungan
  3. Membuka Penjualan/ Opening the Sales  dengan teknik 4S dan 3R
  4. Memahami Gaya Pribadi diri dan Gaya Pribadi pelanggan menggunakan DISC profile
  5. Identifikasi Kebutuhan Pelanggan  menggunakan teknik  bertanya yang efektif
  6. Menyampaikan Manfaat Produk  secara efektif / Relating benefits product
  7. Memperoleh umpan balik / obtaining feed back
  8. Menangani Keberatan pelanggan/ Handling objections
  9. Menutup Penjualan / closing the sales
  10. Analisa Pasca Kunjungan/ Post Call Analysis dan Tindak Lanjut

Metode Pelatihan :

  • Diskusi, Lokakarya dan role play
  • Pelatihan ini khusus untuk in-house training.

Waktu pelatihan:

3 (tiga) hari kerja

Peserta :

Professional Medical Representatives, Staff Marketing yang belum pernah mendapatkan pelatihan Selling Skills