New Product Launch


Jose Bouza ( Strategic Health & Pharma Consultant) pada Sep 2014 mengatakan 74% new products di Asia Pacific gagal. Padahal new products merupakan penyumbang bagi pertumbuhan perusahaan. Dengan demikian penting sekali bagi Product Manager untuk dapat menyiapkan peluncuran produk baru dengan baik sesuai dengan dinamika pasar. Ketrampilan dalam menyiapkan New Product Launch semakin penting dengan semakin banyaknya peluncuran produk baru dan semakin mahalnya biaya promosi dan biaya yg terkait dengan persiapan produk baru.

Tujuan Pelatihan

Setelah mengikuti workshop ini, peserta memahami jenis produk apa saja yang dapat dikategorikan sebagai produk baru, memahami proses menyiapkan produk baru, beberapa tujuan peluncuran produk baru serta melakukan analisa General Electric 9 cell sebelum peluncuran. Peserta juga akan dapat menyiapkan kegiatan yang harus dilakukan pada tahapan Pre Launch , kegiatan pada tahapan Launch  serta Post Launch. Untuk suksesnya peluncuran produk baru, peserta memahami bagaimana menyiapkan Gantt’s Chart, menyiapkan launch package serta launch meeting agar peluncuran produk baru berjalan dengan sukses. Singkatnya peserta akan mampu menyiapkan peluncuran produk baru agar produk baru ini dapat memberikan kontribusi pada penjualan perusahaan. Workshop ini sangat penting mengingat seringnya peluncuran produk baru mengalami kegagalan.

Topik bahasan

  1. Peran produk baru bagi pertumbuhan perusahaan
  2. Tahapan Pengembangan Produk Baru
  3. Apa saja yang dikategorikan sebagai Produk Baru
  4. Strategi Produk Pioneer dan Follower
  5. Kegiatan Pre Launch
  6. Kegiatan Launch
    • Menyiapkan Launch Package dan Launch Meeting
    • Training Salesman & Distributor
    • Selling In pada retail
    • Kegiatan Membangun Awareness
    • Akselerasi Proses Adopsi Produk Oleh Pelanggan
  7. Kegiatan Post Launch
  8. Evaluasi Pelaksanaan Launch Program & Menyesuaikan dengan kondisi Pasar
  9. Evaluasi Penjualan terhadap Target
  10. Meluaskan Cakupan Distribusi
  11. Menjalankan Strategi Ekspansi ke Segemen Lain
  12. Menyiapkan Loyalty Program
  13. Menjalankan Strategi Pemasaran sesuai dengan tahapan Product Life Cycle (The Golden Ages of Product Life Cycle)

Metode Pelatihan :

  • Presentasi PP, diskusi, workshop

Waktu Pelatihan:

  • 2 (dua) hari atau 16 jam efektif

Peserta

  • Product Manager/ Brand Manager/Marketing Manager/Account Executive/ Account Manager