Integrated Marketing Communication


Salah satu pemborosan terbesar dalam pemasaran adalah komunikasi yg tidak efektif. Tantangan utama adalah hambatan pelanggan dalam mengingat sesuatu, lingkungan komunikasi yang sangat ramai, dan banyaknya media dengan segala kekuatan dan kekurangannya. Untuk menghadapi tantangan tersebut diatas , Produc Manager /Pemasar harus mampu  membuat positioning yang tepat, memilih media yang sesuai dengan produk dan target konsumennya serta menyiapkan strategi komunikasi yang kreatif serta efektif.

Tujuan Pelatihan:

Setelah mengikuti  pelatihan, peserta memahami dan dapat membuat positioning sebagai  landasan  strategi komunikasi efektif dalam pasar yg sangat hiperkomunikatif. Selain membuat positioning brand yang tepat , peserta mampu menyiapkan strategi komunikasi yg terpadu (IMC) serta memahami kekuatan dan kelemahan tiap media, memilih media yang sesuai  dengan target konsumen serta menyiapkan komunikasi efektif dan  kreatif.

Topik Bahasan:

  1. Pentingnya Positioning sebagai bagian dari Segmentation – Targeting – Differentiation – Positioning
  2. Memahami perbedaan Product Positioning – Market Positioning – Commercial Positioning
  3. Positioning Market Leader dan Market Follower
  4. Memahami pelanggan:
    1. Proses Pembelian Pelanggan
    2. Proses Adopsi Brand oleh pelanggan
    3. Individual Differences in Innovativeness
  5.  Apa arti Integrated Marketing Communication (IMC)
  6. IMC process model
  7. Interactive Marketing Communication
  8. Memahami media dan apa saja yang disebut media
  9. Mengerti kekuatan dan kelemahan setiap media untuk memilih media yang sesuai
  10. Advertising yang baik harus memenuhi syarat 3 R (React – Relate – Response)
  11. Menyiapkan komunikasi kreatif
  12. Lain-lain.

Metode Pelatihan    :  Presentasi Power Point, Diskusi, Latihan

Waktu Pelatihan       : 2 (dua) hari

Peserta                         :

  • Product Executive,  Product Manager, Brand Manager, Group Product Manager, Sales Manager, Business Development Manager, Medical Manager dan Manager lain yang terkait dengan marketing
  • Sangat sesuai untuk Ethical Product maupun Consumer Health Care