IMPACT (Improving Managerial Performance by Applying Communication Technique)


Hampir semua problema yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam perusahaan, semua terjadi karena ketidak berhasilnya proses komunikasi  atau ‘mis communication’. Jadi betapa  Ketrampilan komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari, maupun  dalam pekerjaan apapun posisi kita. Komunikasi dengan pelanggan, dengan atasan maupun dengan bawahan harus dilakukan secara nyaman dan efektif. Komunikasi dikatakan efektif apabila mitra bicara memahami apa yang kita sampaikan. Dalam lingkup perusahaan, komunikasi dapat memotivasikan ataupun mendemotivasikan karyawan. Karyawan berprestasi dapat meninggalkan perusahaan, karyawan tidak berprestasi dapat dengan nyaman tinggal diperusahaan dan karyawan yang prestasinya naik-turun tidak meningkatkan prestasi. Semua hal ini dapat tercipta sebagai hasil komunikasi atasan dengan bawahan.

Tujuan Pelatihan :

Setelah pelatihan ini, peserta memahami dan dapat melakukan komunikasi efektif serta memahami peran komunikasi untuk memotivasikan bawahan. Peserta akan mampu bagaimana harus berkomunikasi dengan karyawan berprestasi agar tetap bertahan diperusahaan kita, bagaimana menangani karyawan yg prestasinya naik turun agar terus meningkat diatas standard dan juga bagaimana berkomunikasi dengan karyawan yang prestasinya dibawah standar.

Topik bahasan :

  1. Memahami arti komunikasi
  2. Tingkah laku yang menghambat komunikasi dan yang mendorong terjadinya komunikasi
  3. Proses komunikasi :
    1. Input skills ( mendengar dan mengamati)
    2. Proses skills (memahami apa yang dikomunikasikan)
    3. Output skills (mengkomunikasikan pemahaman)
  4. Mendengar secara aktif
  5. Komunikasi untuk memperbaiki prestasi kerja:
    1. Faktor motivasi yang mempengaruhi prestasi kerja
    2. Bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan staff yang prestasinya rendah (“Poor Performer”), staff yang memiliki potensi berprestasi tapi tidak memberikan prestasinya (“Marginal Performer”) dan berkomunikasi dengan staff yang prestasinya baik (“High Performer”)

Metode Pelatihan :

  • Presentasi Power Point , Diskusi , Role Play
  • Pelatihan ini hanya untuk in-house training.

Waktu pelatihan:

  • 2 (dua) hari kerja

Peserta :

  • Semua yang mengharapkan dapat berkomunikasi efektif.