How To Pick The Right People ( Selection & Recruitment Technique )


Proses rekruitmen merupakan proses yang sering dilakukan dan sangat penting.

Kesalahan dalam rekruitmen mengakibatkan peningkatan biaya, tidak tercapainya sales target, pelayanan konsumen yang tidak memuaskan mengakibatkan  konsumen pindah ke saingan dan bahkan dapat tercipta lingkungan kerja yang tidak  tidak memotivasi staf. Sekali kita salah pilih , kita akan terjebak dalam permasalahan yang terus menerus.

Sayangnya perusahaan jarang sekali memberi pelatihan yang khusus membahas bagaimana melakukan rekruitmen dengan baik & benar.

Tujuan Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan, peserta akan memahami langkah dalam melakukan seleksi dan proses rekruitmen secara efektif, dapat menentukan Job Requirement atau kriteria posisi yang sesuai kebutuhan tugasnya, mampu melakukan wawancara dengan akurat untuk mendapatkan kandidat dengan profil yang sesuai kebutuhan tugas. Peserta memahami bahwa pelamar harus memiliki pengetahuan & ketrampilan (can do factors)  dan motivasi  (will do factors) serta memiliki sikap yang fit  (fit factors) yang sesuai dengan kebutuhan dengan organisasi kita.

 

Materi Pelatihan

  1. Memahami tujuan wawancara
  2. Menentukan Job Requirement atau kriteria kandidat agar dapat sukses bekerja pada posisi yang dibutuhkan
  3. Menyiapkan wawancara
  4. Membangun suasana wawancara yang nyaman
  5. Membuat struktur dan mengontrol wawancara
  6. Teknik mendengar & bertanya yang efektif agar wawancara berlangsung efektif
  7. Membuat catatan selama wawancara
  8. Menulis laporan akhir
  9. Dll

Metode Pelatihan

  • Presentasi Power Point, Diskusi dan Role Play Dilengkapi dengan Panduan Wawacara yang efektif

Waktu pelatihan:

  • 2 (dua) hari kerja
  • Apabila hanya satu hari kerja, maka tidak memiliki kesempatan untuk role play

Peserta

Area Manager, Sales Manager, Training Manager, Marketing Manager dan Staff HRD