Developing The Marketing Plan


Gagal merencanakansama dengan merencanakan kegagalan. Terlebih dalam menghadapi pasar yg selalu berubah, pelanggan yg menuntut dan persaingan yg semakin ketat. Maka dari itu Product Manager harus dapat menyiapkan Rencana Pemasaran yang dapat mengantisipasi perubahan dinamika pasar dan pelanggan. Rencana Pemasaran juga merupakan “road –map” untuk produk utama / produk focus yang mutlak harus disiapkan oleh Product Manager.

Tujuan Pelatihan :

Setelah mengikuti workshop ini peserta mampu menyiapkan Rencana Pemasaran yang terdiri dari: analisa pasar – pesaing – pelanggan, menentukan sasaran pemasaran, menyiapkan strategi pemasaran serta menyiapkan sarana promosi bagi produk / brand yang menjadi tanggung jawabnya. Peserta juga akan memahami neraca laba rugi suatu produk dan mampu menyiapkan outline promosi untuk periode setahun. Selain menyiapkan Rencana Pemasaran, penting sekali bagi PM untuk menyiapkan Plan Of Actions yang merupakan petunjuk pelaksanaan Rencana Pemasaran oleh tenaga penjualan serta mengendalikan pelaksanaan Rencana Pemasaran.

Topik bahasan :

  1. Telaah singkat Proses Manajemen Marketing.
  2. Peran Rencana Pemasaran dalam kerangka perusahaan.
  3. Menjelaskan Format Rencana Pemasaran secara lengkap.
  4. Analisa Makro (Macro Analysis).
    • Telaah singkat Analisa Politic-Economy-Social-Technology.
  5. Analisa Mikro ( Micro Analysis).
    • Workshop mengisi market development pada Therapeutic  classes.
  6. Analisa competing companies.
  7.  SWOT dengan mengisi form Analisa SWOT dan Key Issues.
  8. Menyiapkan Analisa GE-9 cell  & BCG Analysis.
  9. Financial Manajemen for Marketing.
  10. Sales Forecasting.
  11. Menentukan Sasaran Marketing.
  12. Positioning : The Battle Of The Mind.
  13.  Core Marketing Strategy & Marketing Mix Strategy.
  14. Workshop menyiapkan Strategy Promosi.

Metode Pelatihan :

Presentasi PP, diskusi, workshop

Waktu Pelatihan:

3 (tiga) hari atau 24 jam efektif

Peserta :

Product  Manager/ Brand Manager/Marketing Manager/ Account Manager/ Marketing Executive